Lifestyle

Tutorial Mengecat Tembok Colorful Chevron

Hai readers, kali ini saya akan kasih tau kalian cara mengecat tembok yang kreatif supaya tembok kamar kamu gak ngebosenin! Semua berawal dari adik saya yang bosan dengan tembok kamarnya yang polos, dan pengen buat sesuatu yang lucu-lucu. Akhirnya kita cari-cari inspirasi variasi mengecat tembok di google dan memutuskan untuk pilih yang satu ini.

Bisa dibilang ini sudah latepost banget karena proses mengecatnya sudah setahun yang lalu. Dari awal mengecat tembok ini belum ada niatan untuk bikin tutorial jadi fotonya hanya seadanya aja difoto random selama proses pengecatan. Jadi maaf ya kalo tutorialnya juga seadanya saja tapi pengen banget ngeshare ini ke kalian biar kalian juga bisa coba di tembok kamar kalian masing-masing.

Bahan dan alat yang perlu disiapkan:

  • Cat tembok. Saya waktu itu belinya di toko cat tembok kiloan, jadi lebih murah dan bisa pilih banyak warna. Pertama pilih 1 warna buat jadi warna dasar tembok, kalau saya pake kuning/krem muda dan beli warna itu dalam jumlah banyak. Untuk warna variasinya, beli aja semua warna dasar termasuk putih untuk jadi campuran untuk buat variasi warna lain. Untuk sebidang tembok, kira-kira 0,5-1kg per warna cukup.
  • Roll cat dan kuas kecil. Roll untuk mengecat warna dasar tembok, dan kuas kecil untuk mengecat variasinya. Kuasnya jangan kecil-kecil banget kayak kuas pensil warna ya hehehe.
  • Solatip tembok. Ini bisa dibeli di toko cat, harganya sekitar Rp5.000 satunya. Beli yang ukuran kecil aja, dan butuh sekitar 7~10 roll.
  • Tangga untuk mengecat bagian tembok yang tinggi.
  • Benang atau tali panjang dan pemberat (kunci, batu, dll). Ini untuk membantu membuat garis vertikal yang lurus dari bagian atas tembok sampai bawah.
  • Penggaris, pensil, dan kardus.
  • Wadah-wadah kecil untuk tempat cat, atau di plastik kiloan juga bisa.

Setelah sudah siap semua bahan dan alatnya, jangan lupa siapkan niat karena proses pengecatan gak mudah dan gak selesai dalam sekejap. Saya sendiri dan adik-adik saya butuh 3 hari full sampai semua selesai. Siap-siap mengungsi ke kamar lain selama proses pengecatan. Kalau sudah siap semua, masuk ke proses pengecatan..

  1. Pindahkan furnitur ke luar kamar, bersihkan tembok dari debu dan sarang laba-laba, dan beri alas berupa koran di lantai agar cat yang tumpah gak mengotori lantai.
  2. Cat tembok dengan warna dasar yang soft dan tidak terlalu mencolok, seperti putih atau kuning muda. Tunggu hingga kering.
  3. Bagi tembok secara vertikal dengan jarak masing-masing 25cm. Pakai benang dengan pemberat dibawahnya untuk membuat garis yang lurus, lalu lekatkan solatip tembok  sepanjang garis tersebut.
  4. Dari kardus buatlah sebuah bentuk seperti jajaran genjang namun agak berbeda, dengan ukuran panjang 25cm dan tinggi 13cm. Buat satu lagi dengan panjang yang sama namun tingginya 10cm. Proses pembuatan bentuk ini sudah agak lupa caranya, di kira-kira aja ya. Kardus ini gunanya untuk memudahkan kita saat membentuk pola di tembok, sehingga tidak perlu mengukur secara manual semua bidang. Yang besar untuk bidang yang akan dicat, yg kecil untuk bidang yang menjadi spasi.

    1468586642627d
    Seperti yang dilingkari. Maaf tidak ada fotonya 😦
  5. Taruh kardus di antara dua garis vertikal yang ada, dan tandai bidang yang ditutupi kardus dengan solatip tembok di atas dan bawahnya. Selang seling antara kardus yang besar dan kecil. Lakukan dari atas sampai bawah. Lewatkan satu kolom disebelahnya dan lakukan hal yang sama di kolom selanjutnya. Akan terbentuk pola seperti ini.

    1468586642683
    Kira-kira seperti ini, tapi ini solatipnya sudah kotor
  6. Siapkan cat berwarna  di wadah kecil yang berbeda. Mulailah mengecat di bidang miring tersebut menggunakan kuas kecil, jangan sampai keluar garis solatip. Bisa dimulai dari mana saja dan warna apa saja. Jangan cat semua kotak, lakukanlah selang seling.
    1468586642627ff
    Selang seling bidang yang dicat dan dikosongkan sbg spasi

    1468586642518
    Selesaikan dan hasilnya akan seperti ini
  7. Setelah selesai semua, lakukanlah hal yang sama terhadap bidang vertikal yang kosong. Hubungkan titik dari bidang satu ke bidang lainnya dengan solatip agar membentuk pola zigzag. Solatip ini bisa dipakai berulang-ulang agar tidak boros.

    1468586642323
    Seperti ini
  8. Cat hingga selesai. Pilihan warna bisa disesuaikan dengan selera, mau random atau membuat gradasi. Cat warna yang dipakai juga bisa dicampur-campurkan untuk membuat warna baru.
    1468586641258
    Lanjutkan mengecat

    1468586641298
    Semangat sampai selesai!
  9. Kalau sudah selesai semuanya, lepaskan solatip tembok yang ada dan voila! Tembok lucumu sudah selesai!
    1468586641083
    Yeay!!

     

Sekarang kamu sudah punya tembok baru yang melengkapi kamarmu! Yippie! 😀

Semoga tutorial ini mudah dipahami dan bermanfaat ya untuk kalian.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s