Travel

Lost In Hanoi! Part 2: HaLong Bay & Cat Ba Island

Halo semua! I’m so excited to write this part!

Jadi di hari kedua perjalanan saya di Vietnam, saya pergi ke HaLong Bay! HaLong Bay ini adalah salah satu main attractionnya negara Vietnam, juga salah satu dari 7 keajaiban dunia versi New 7 Wonders Fondation. Pergi ke HaLong Bay sudah saya rencanakan jauh hari sebelum berangkat ke Vietnam, dan kebetulan teman saya Ha juga belum pernah pergi kesana, jadi kita sama-sama excited banget.

Untuk perjalanan ke HaLong Bay ini, saya menggunakan jasa tur & travel agar lebih mudah. Teman saya Ha yang memilih agen perjalanannya. Harga yang saya bayarkan untuk tur 2 hari 1 malam di HaLong Bay dan Cat Ba Island sebesar VND1.800.000. Namun sayangnya kelompok tur saya pada saat itu semua berbicara bahasa vietnam, termasuk tour guidenya.

Dimulai dari depan Hanoi Opera House, perjalanan ke HaLong Bay memakan waktu sekitar 4-5 jam menggunakan van. Jangan lupa bawa cemilan yang banyak, ya!

hanoi6
Pelabuhan menuju HaLong Bay
hanoi8
Kapal untuk ke HaLong Bay
hanoi9
Suasana di dalam pelabuhan

Buat kamu yang belum beli perlengkapan seperti topi pantai, makanan, maupun oleh-oleh untuk yang menunggu di rumah, kamu bisa beli di pelabuhan. Di pelabuhan sebelum naik kapal banyak sekali pedagang yang menjual berbagai macam barang. Tapi kalau mau borong oleh-oleh sebaiknya di Old Quarter aja karena lebih banyak pilihannya.

hanoi7
Suasana di dalam Ha Long Bay Cruise

Nah pas banget kita akan naik kapal sekitar jam makan siang, jadi makan siang akan disediakan di dalam kapal. Makanannya mantab loh! Ada berbagai seafood dan ada rollade ayam khas vietnam juga. Tapi buat yang muslim hati-hati tanya dulu ya ada babi nya atau tidak, karena saya pernah hampir makan babi hehehe. Sayang sekali tidak ada fotonya, tapi adanya video. Nanti ditonton aja ya di Vlog kalau sudah jadi!

hanoi13
Dong Thien Cung

Setelah kenyang makan siang, pemberhentian pertama adalah ke Goa Thien Cung. Gua ini terletak di dalam salah satu bukit-bukit HaLong Bay ini. Kita harus naik tangga beberapa saat, lalu masuk ke Goa. Di dalam goa dihiasi lampu warna-warni yang indah. Disini tour guide menjelaskan banyak hal tapi dalam bahasa vietnam jadi saya ngga ngerti 😦 Yang saya ingat dia menunjuk ke beberapa batuan di goa yang mirip dengan bentuk-bentuk hewan.

hanoi11
Di dalam Goa Thien Cung

Setelah selesai berkunjung ke Goa Thien Cung, saya kembali lagi ke kapal dan melanjutkan perjalanan. Nah di kapal kalian bisa naik ke atas untuk menikmati pemandangan dan berfoto ria dengan latar belakang HaLong Bay.

hanoi14
Pemandangan HaLong Bay dari atas kapal
hanoi15
HaLong Bay

Asik banget menikmati pemandangan sambil merasakan angin sepoi-sepoi, well terkadang anginnya kenceng sih tapi dinikmati aja. Setelah beberapa saat, saya turun di tempat wisata kedua. Disini kita bisa masuk ke salah satu lorong di HaLong Bay tapi menggunakan perahu yang lebih kecil. Ada dua pilihan, perahu sampan yang sudah ada pendayungnya, dan perahu canoe yang harus kita dayung sendiri.

Saya memilih perahu sampan, dan tarifnya VND130.000. Untuk menyewa perahu ini kita harus membayar sendiri diluar harga tur, karena sifatnya opsional. Kebetulan teman saya Ha tidak ikut naik perahu sampan karena pusing kepala.

hanoi16
Dermaga kecil untuk wisata perahu sampan
hanoi17
Masuk ke lorong salah satu bukit di Ha Long Bay
hanoi18
Wajib pakai jaket pengaman ya

Ketika selesai berdayung sampan, tour guide kami memanggil peserta yang akan melanjutkan perjalanan ke Cat Ba Island untuk naik ke speedboat. Peserta sisanya adalah yang mengambil paket wisata 1 day trip dan mereka tidak ikut ke Cat Ba. Di Cat Ba Island ini saya menginap selama 1 malam dan pergi ke pantai.

hanoi19
Welcome to Cat Ba Island!
hanoi21
Suasana di Cat Ba Island

Awalnya saya kira Cat Ba ini hanya sebesar pulau pramuka atau pulau-pulau kecil lainnya. Namun ternyata luas juga loh. Dari tempat turun speedboat ke pusat kota saja memakan waktu sekitar 1-2 jam naik mobil. Cat Ba ini juga sudah lumayan modern dan berkembang sebagai tempat wisata. Hotel dan restoran banyak sekali disini, dari mulai yang murah sampai yang kelasnya resort. Untuk transportasi di dalam pulau ini, bisa menggunakan electric car yang ada, dengan harga VND10.000 sekali jalan. Saya menggunakan electric car saat mau ke pantai, karena ternyata lumayan jauh kalau jalan kaki.

hanoi20
Menikmati pantai di Cat Ba Island

Cat Ba Island ini memiliki beberapa pantai. Di hari pertama sorenya saya mengunjungi salah satu pantai, dan besok paginya saya pergi ke pantai yang berbeda. Jangan mengharapkan pantai yang pasirnya putih dengan air biru jernih karena pantai disini tidak seperti itu. Saya sudah berekspektasi tinggi jadi kecewa pas lihat pantainya, karena pantainya biasa saja. Lebih bagus pantai di Pulau Pahawang, Lampung menurut saya.

Meskipun begitu, tempat ini memiliki ciri khasnya sendiri dengan susunan batu-batuan seperti bukit yang indah. Suasana di pulau ini juga menyenangkan dan santai, saya sangat menikmatinya.

hanoi22
Pemandangan Cat Ba dari Jendela Hotel

Hari kedua sekitar jam 9 saya melanjutkan perjalanan untuk kembali ke HaLong Bay dan lanjut ke Hanoi. Menurut saya pilihan yang bagus untuk mengambil paket wisata 2 hari 1 malam karena kita jadi bisa santai dan tidak terlalu capek. Perjalanan dari Hanoi ke Halong Bay menurut saya lumayan menguras energi karena badan menjadi pegal dan sayapun merasa pusing dan mual.

Tips untuk kalian yang ingin ke HaLong Bay:

  • Lebih mudah untuk pergi menggunakan tur, sebelum booking pastikan provider tur yang kalian pilih terpercaya ya.
  • Bawa minyak kayu putih atau minyak angin untuk jaga-jaga jika mual di jalan atau di kapal
  • Bawa cemilan yang cukup untuk diperjalanan. Ditengah perjalananan mobil akan mampir ke toko souvenir  tapi harga cemilan disana mahal 2x lipat.
  • Bawa topi dan sunglasses
  • Pastikan tour guide kalian berbahasa inggris 🙂

Jadi guys, kalau kalian pergi ke Vietnam terutama bagian utara, wajib banget buat berkunjung ke HaLong Bay because it’s totally worth it! ❤

Tonton juga ya perjalananku di video di bawah ini 🙂

Advertisements

5 thoughts on “Lost In Hanoi! Part 2: HaLong Bay & Cat Ba Island

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s