Lifestyle

Workshop “How To Grow Your Youtube Channel” with Yonna Kairupan

Hello and welcome back to sancays blog!

Pertama-tama saya mau ucapin selamat menjalankan ibadah puasa buat semua yang menjalankan yaa πŸ™‚

Nah di awal puasa ini tepatnya di hari pertama puasa hari Sabtu 27 Mei 2017, saya menghadiri acara Workshop “How To Grow Your Youtube Channel” dengan pembicara MUA & Special Effect Artist sekaligus Beauty Vlogger, Bunda Yonna Kairupan. Acara ini diselenggarakan oleh Indonesian Female Blogger bekerja sama dengan Best Western Premier The Hive Cawang dan Nyx Cosmetic Indonesia.

Saya excited banget buat datang ke acara ini karena saya sudah punya Youtube Channel (Sandy’s Box) namun saya merasa belum memanfaatkannya secara maksimal. Selama ini saya dan partner hanya membuat konten secara otodidak tanpa mengetahui tips dan trik bagaimana memaksimalkan Youtube Channel kami.

Workshop indonesian female blogger
Bunda Yonna sedang serius menjelaskan tentang Youtube

Pemanfaatan Youtube untuk berbagi video, informasi, tips&trick, musik, maupun alternatif passive income sekarang sedang sangat hype atau happening bagi para netizen dunia. Para Content Creator (Youtuber) berlomba-lomba untuk membuat video yang menarik, mulai dari beauty review, food review, daily vlog, travel vlog, song cover, sketsa dan lainnya untuk menghibur jutaan penonton setia Youtube.

Begitu juga dengan para peserta workshop ini. Ada yang baru memulai beauty channelnya, ada yang sudah lama memulai beauty channel namun belum begitu berkembang, ada yang lebih suka membuat food review video, ada juga yang memakai Youtube hanya untuk melengkapi konten blognya, dan saya sendiri sudah beberapa lama membuat travel vlog. Sementara Bunda Yonna Kairupan sendiri sudah sukses dengan beauty channelnya dan sedang membuat parenting dan kids channel.

Disini saya akan berbagi beberapa Tips Memulai dan Mengembangkan Youtube Channel kita yang dibawakan oleh Bunda Yonna Kairupan.

  1. Know Yourself. Sebelum memutuskan membuat sebuah Channel Youtube, kalian terlebih dahulu harus memahami diri kalian masing-masing dengan baik. Kalian harus tau bagaimana karakter kalian, kekurangan dan kelebihan diri kalian. Setelah mengetahui hal-hal tersebut, yang paling penting adalah untuk jadi diri kalian sendiri! Tidak usah berusaha meniru atau menjadi orang lain.
  2. Focus. Pastinya sebelum membuat sebuah Channel Youtube, kalian harus tau dulu apa tema yang akan dibawakan apakah itu beauty, food, travel, sketsa, atau lainnya. Pastikan tema tersebut sesuai dengan passion kalian agar enjoy dalam menjalaninya dan bisa terus berkembang.
  3. Action! Mulailah dengan mencari tau apa yang sedang tren di netizen dan lakukan hal tersebut (tapi yang positif aja ya). Jika sudah tau konten apa yang akan digarap, langsung rekam, edit, upload! Gimana kalau ngga bisa edit video? Belajar! Salah satu keuntungan menjadi Content Creator Youtube adalah menambah skill kita, termasuk skill mengedit video. Kalian bebas menggunakan software editor apa saja senyamannya kalian, kalau saya pribadi menggunakan software Cyberlink PowerDirector.
  4. Konsisten. Nah untuk memiliki channel yang disukai banyak orang tentunya kalian harus memiliki konten yang bagus. Konsistenlah dalam membuat konten yang bagus, tidak membosankan dan jangan lupa untuk upload video secara teratur. Bocoran nih, Youtube lebih suka channel yang mengupload video secara teratur loh untuk direkomendasikan! Memang sih akan memakan banyak waktu kita, tapi jika dilakukan dengan passionate maka ngga akan terasa berat kok! Mengutip dari kata-kata bunda Yonna, “Do it like a pro not hobby!”

Bukan hanya presentasi dari Bunda Yonna, di workshop ini ada juga sesi prakteknya loh! Beberapa peserta workshop dipanggil ke depan untuk mempraktekkan cara berbicara di depan kamera dengan mereview berbagai barang yang ada, seperti lipstik, kamera, syal, dan air minum. Seru banget!

workshop indonesian female blogger 2
Salah satu peserta sedang mereview lipstik
workshop indonesian female blogger 3
Bunda Yonna memberikan masukan kepada peserta

Akhirnya setelah setengah hari mengikuti workshop, semua peserta mendapatkan goody bag dari Nyx Cosmetic Indonesia, yeay! Isi goodybagnya ada Nyx BB Beauty Balm, 2 Nyx Butter Lipstick, 2 Nyx Extra Creamy Lipstick dan Nyx Auto Eyebrow Pencil. Terima kasih Nyx Cosmetic Indonesia πŸ˜€ Reviewnya menyusul ya!

workshop indonesian female blogger 4
Goody bag dari Nyx Cosmetic Indonesia, yippie!

Kenyang dengan ilmu dan produk dari Nyx, waktunya untuk mengenyangkan perut, hehe. Seluruh peserta dan panitia workshop buka puasa bersama di Heather Resto lantai 5 Best Western Premier The Hive. Best Western Premier The Hive menyediakan 60 jenis ta’jil dan berbagai makanan enak untuk menu berbuka puasa kita, yum!

By the way Heather resto di Best Western Premier The Hive ini cozy banget loh, enak buat berlama-lama disana πŸ˜€ Nyesel nggak maksimal foto-fotonya.

workshop indonesian female blogger 10
Cozy banget nggak sih
workshop indonesian female blogger 9
Suasana Heather Resto Best Western Premiere The Hive
workshop indonesian female blogger 8
Alhamdulillah kenyang

Saya senang sekali bisa mengikuti workshop ini karena ini pertama kalinya saya bisa bertemu dan berkenalan dengan teman-teman sesama Blogger lainnya πŸ™‚ Seru banget bisa bertemu orang-orang yang memiliki hobi dan interest yang sama, juga bertemu Bunda Yonna salah satu founder Indonesian Female Blogger, so energizing andΒ  inspiring!

WhatsApp Image 2017-05-31 at 5.04.50 PM
Fullteam! Photo credit to Cory Pramessti

Thank you Indonesian Female Blogger, see you in the next event! πŸ™‚

————————————————

Best Western Premier The Hive
Alamat: Jl. DI. Panjaitan Kav. 3-4, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13340
Telepon: (021) 29821888
Website: http://www.bwpremierthehive.com
Facebook: Best Western Premier The Hive
Instagram: @bwpthehive
Twitter: @bwpthehive

Advertisements

3 thoughts on “Workshop “How To Grow Your Youtube Channel” with Yonna Kairupan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s