Travel

7 Tempat Wajib untuk Dikunjungi di Singapura!

Hi, welcome back! Setelah lama nggak nulis tentang traveling, kali ini saya akan tulis tentang 7 tempat wisata yang wajib dikunjungi di Singapura!

Liburan ke Singapura yang apa-apa serba mahal, bisa banget dibuat murah kalau kalian sudah tau celahnya. Di liburan waktu itu saya hanya menghabiskan total biaya sekitar 2,5 juta rupiah, murah kan? Untuk kalian yang mau belum baca tulisan saya sebelumnya tentang tips liburan murah di Singapura, bisa di klik disini ๐Ÿ™‚

So inilah tempat yang menurut saya wajib kalian datangi ketika traveling ke Singapura. Most of the places below are low budget or even free, so it’s budget-traveler friendly ๐Ÿ™‚ So here they are…

 

Universal Studios

wisata singapura 5

So I put this on my top list because Universal Studios ini tujuan utama saya saat ke Singapura. Kenapa? Alasan simplenya karena nggak ada yang seperti ini di Indonesia, hehehe. Meskipun tiketnya bisa dibilang lumayan harganya (sekitar 600ribu rupiah), but believe me, its worth every penny!

Sebelum masuk kedalam, kalian bisa menitipkan barang bawaan ke loker yang tersedia, dengan biaya SGD12 (4 jam) dan SGD15 (1 hari). Tapi untuk menghemat biaya, saya tidak menitipkan barang bawaan meskipun bawa tas besar. Jangan khawatir, nanti di dalam ada penitipan loker gratis maupun berbayar di beberapa wahana.

Best thing about Universal Studios, banyak banget spot foto yang instagrammable! Yang suka foto baik fotografi atau foto ala-ala pasti suka banget disini. Disini juga ada mascot dari beberapa film kayak Minions, Transformer, Madagascar yang akan keluar untuk menyapa dan berfoto sama pengunjung. Untuk jadwalnya bisa dilihat di pamflet yang kita dapat di pintu masuk.

Untuk wahana yang terbaik, I would totally recommend Transformer! This is the best ride eveeer, like seriously good. Its like a whole new experience trying to save the world in a super cool fight. I can’t tell much about it, you should try it yourself. And for the most this-is-so-wrong-I-shouldn’t-do-it ride is the Mummy. Saya bukan adrenaline seeker dan saya cepet banget pusing atau mual kalau naik wahana sejenis roller coaster, dan wahana Mummy ini even worse than roller coaster. It’s like an indoor roller coaster with graphic and lot lot lot of twist. Since it’s dark we cannot predict what’s gonna happen next and it’s killing me. Abis naik wahana ini saya langsung pusing dan mual sampai malam harinya.

Selain wahana, di Universal Studios ini juga banyak pertunjukkan yang bisa kalian saksikan. Seperti foto diatas, ada dance show yang menarik dan pengunjung juga bisa ikutan nge dance di depan loh. Di setiap wahana akan ada merchandise store, yang menurut saya harganya lumayan jadi saya nggak beli apa-apa. Bukan merchandise aja yang mahal, tapi juga makanan dan minuman. Saya beli segelas smoothies ini seharga SGD6, mahal banget ya buat segelas minuman.

Tips wisata ke Universal Studios:

  • Luangkan waktu seharian, karena theme park ini sangat luas dan butuh seharian untuk explore maksimal. Apalagi banyak waktu juga terbuang saat antri di wahana.
  • Bawa barang bawaan seadanya dan berpakaian yang nyaman
  • Sunscreen and sunglasses are our bestfriend!
  • Bawa botol minum, atau beli minuman botol di dalam, karena banyak tap water gratis.
  • Siapkan energi dan baterai kamera ๐Ÿ™‚

How to Get There: Naik MRT sampai stasiun Harbour Front, lalu jalan kaki lewat Vivocity Mall – Sentosa Broadwalk – ikuti petunjuk ke Universal Studios.

 

Merlion Statue

wisata singapura 25

Patung Singa ini merupakan salah satu tempat yang wajib banget didatangi, because we don’t wanna miss the country’s major landmark, right?

The best part is, untuk berkunjung ke Merlion Statue ini ramah kantong karena tidak dipungut biaya alias gratis. Yeay! But I got some tips for you, disana akan ramai banget jadi bersabar dan bergantian saat mau ambil foto ya. Dariย stasiun MRT juga lumayan jauh jalan kaki ke Merlion Statue ini jadi make sure you wear the right outfit, okay?

How to Get There: Naik MRT sampai Raffles Place Station lalu jalan kaki sesuai petunjuk.

 

Garden by The Bay

wisata singapura 24

Garden by The Bay ini basically seperti taman di dalam rumah kaca. Biasanya kalo dari foto dikenal dari pohon-pohonan yang magical nya itu (that’s what I called it). Untuk masuk ke dalam taman rumah kacanya, kita harus membayar SGD28 Tapi kalau kalian cuma mau foto-foto di depan pohon magical nya itu gratis kok nggak perlu bayar.

Dari Garden by The Bay ini kita bisa melihat Singapore Flyer dan Marina Bay Sands dari dekat. Menurut saya kalau kesini lebih bagus malam hari karena pohon-pohon magical itu lampunya akan nyala dan bagus untuk difoto. Tapi sayangnya karena waktunya mepet jadi saya kesana siang menjelang sore.

How to Get There: Naik MRT turun di stasiun Bayfront

 

Bugis

wisata singapura 12

Kawasan Bugis ini merupakan kawasan wisata yang cocok untuk kalian yang muslim, karena muslim friendly. Selain itu, kawasan Bugis ini juga memiliki banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi. Pertama ada Masjid Sultan, masjid yang paling terkenal di Singapura. Di sekeliling Masjid Sultan banyak penginapan, restoran, dan toko oleh-oleh.

Di kawasan Bugis ini juga ada jalan yang hits banget di kalangan wisatawan, yaitu Haji Lane. Disana kalian bisa foto ala-ala dengan bangunan-bangunan yang penuh dengan grafiti yang aesthetic, hahaha. Untuk Haji Lane ini sudah pernah saya bahas detail ย yang bisa kalian lihat disini.

Nah hal lain yang saya sukai dengan kawasan Bugis ini adalah adanya penginapan yang terjangkau. Waktu itu saya menginap di Sleepy Kiwi Hostel yang letaknya dekat dengan Masjid Sultan. Ulasan lengkapnya bisa kalian baca disini.

How to Get There: Naik MRT turun di Stasiun Bugis

 

Little India

wisata singapura 20

Salah satu negara di wishlist travel saya adalah India, not a mainstream one, right? Saya pingin banget ke Taj Mahal dan coba pakai baju tradisional India yang cantik banget itu (jadi inget sinetron Ratu Jodha :D). Nah karena belum kesampaian ke India aslinya, saya mampir di Little India di Singapura.

Sesuai dengan namanya, di Little India ini bisa kalian temui restoran India, orang India, dan berbagai pernak pernik India (yaiyalah hehehe). Di Little India, tempat pertama yang saya kunjungi adalah Sri Veeramakaliamman Temple. Untuk masuk ke temple ini tidak dipungut biaya, tapi jangan lupa ya untuk melepas alas kaki sebelum masuk dan berpakaian sopan.

Ketika traveling, saya memang suka sekali berkunjung ke tempat-tempat dimana saya bisa melihat budaya dari masyarakat disana. Karena menurut saya traveling tidak selalu untuk shopping atau untuk hura-hura tapi juga to explore the world dan belajar tentang budaya lokal, tau bagaimana kehidupan orang-orang disana, to make us realize that we’re just a small part of the world. Those feelings and experiences money just can’t buy.

Tempat kedua yang saya datangi setelah temple adalah Mustafa Center. Disini katanya banyak barang-barang murah. Tapi karena saya sudah beli oleh-oleh di Bugis, dan budget juga tidak memungkinkan untuk belanja, jadi waktu itu hanya numpang lewat aja melihat seperti apa Mustafa Center. Bentuknya dari luar seperti departemen store dan banyak tempat makanan di sekelilingnya. Oh iya, di Little India ini juga ada masjid loh, jadi untuk kalian yang muslim jangan khawatir kalau ingin beribadah.

How To Get There: Naik MRT turun di stasiun Little India dan jalan kaki.

 

Explore Sentosa Island

wisata singapura 4Nah Sentosa Island ini tempatnya berbagai atraksi menarik dan resort mewah yang merupakan salah satu daya tarik di Singapura. Di Sentosa ini ada berbagai tempat wisata seperti Universal Studios, Madame Tussauds, Trick Eye, Wings of Time, S.E.A Aquarium, Skyline Luge, dan masih banyak lainnya.wisata singapura 7Di Sentosa, selain Universal Studios saya juga menaiki satu atraksi lainnya, yaitu Skyline Luge. Di Atraksi ini ada 2 jenis kegiatan, yaitu skyride dan luge (meluncur). Namun saya hanya membeli tiket untuk skyride saja karena saya ingin melihat Singapura dari atas. Harga tiketnya sekitar 80ribu rupiah via traveloka.

sentosa-luge_019_optimised
Foto dari Google

Hal lucu yang terjadi saat itu, karena saya naik skyride ini malam hari setelah pulang dari Universal Studios, jadinya zonk banget, hahaha! Benar-benar gelap dan nggak kelihatan apa-apa. Udah gitu ketika naik ini tidak ada pengaman apa-apa kecuali besi yang di depan perut kita, jadi saya takuuut banget, untung nggak ada barang yang jatoh! Makanya untuk kalian yang mau naik skyride ini, I strongly recommend untuk naik siang atau sore hari biar lebih jelas dan less scary.

Untuk transportasi di dalam Sentosa Island kalian tidak perlu khawatir karena sudah disediakan shuttle bis gratis yang memiliki rute keliling Sentosa Island dan ujungnya ke stasiun MRT Harbor Front untuk kembali ke kota. Kalian juga bisa naik LRT untuk kembali ke kota, namun berbayar.

How to Get There: Naik MRT sampai stasiun Harbour Front, lalu jalan kaki lewat Vivocity Mall – Sentosa Broadwalk

 

Changi Airport

wisata singapura 2

Menyandang gelar Best World’s Airport oleh Skytrax selama lima tahun berturut-turut sejak 2013 membuat bandara ini juga worth untuk tujuan wisata. Changi Airport punya banyak banget fasilitas untuk menghibur traveler yang sedang menunggu pesawat. Ada movie theather, game deck, pijat, taman indoor maupun outdoor, snooze lounge untuk tidur, skytrain, free wifi dan lain-lain.

Saat saya kesana April lalu, ada booth untuk mewarnai yang bisa dimanfaatkan para traveler untuk menghilangkan bosan, lucu banget kan. Walaupun sebenarnya saya tidak tau boleh atau tidak, tapi saya pernah bermalam di Changi karena flight saya landingnya malam jadi agak riskan untuk langsung ke city. Untuk menunggu pagi saya tidur di meditation room bersama beberapa traveler lainnya, karena snooze lounge sudah penuh.

Kalau kalian punya banyak waktu saat menunggu flight, atau harus memilih rute transit untuk pergi ke negara lain, saya sarankan untuk pilih Changi karena banyak hal yang bisa dilakukan dan tempat ini sangat nyaman untuk menunggu untuk waktu yang lama. Bahkan kalau waktunya pas kalian bisa ikut free Singapore city tour dari Changi (khusus untuk penumpang transit), seru kan?

 

So now, are you ready to explore Singapore?

Buat yang punya tambahan tempat recommended di Singapura, just drop it di kolom komentar di bawah ya, please like and share as well, I really appreciate it ๐Ÿ™‚

See you in the next post! Spoiler, it will be about my current city, Hat Yai. So excited ๐Ÿ˜€

 

 

Advertisements

10 thoughts on “7 Tempat Wajib untuk Dikunjungi di Singapura!

    1. Hai mba Anna. Kebetulan kalau ke sg saya april lalu, dan skrg di Hat Yai lagi sekolah ๐Ÿ˜€

      Makasih mba infonya, saya jadi pingin ke penang nih, deket ya ๐Ÿ™‚

      Like

  1. Tipsnya bermanfaat bgt mbaak. Ah jadi pengen ke Singapur huhu. Jujur aja belum pernah, padahal sudah ke malaysia beberapa kali tapi selalu ga kesempatan buat melancong lanjutan sampe Spore T-T

    Like

    1. Terima kasih mba, cari tiketnya dulu aja mba kalau air asia lagi adain promo ๐Ÿ˜€ lumayan banget soalnya hehehe ๐Ÿ™‚
      Semoga segera berkunjung ke Merlion ya ^^

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s