Travel

Pengalaman Naik Bis dari Hat Yai ke Kuala Lumpur (Pulang-Pergi)

Hai Travelers!

Tahun lalu saya traveling ke Kuala Lumpur dan banyak banget yang mau saya share tentang trip saya waktu itu. Untuk kali ini saya mau sharing tentang pengalaman pertama saya naik bis dari Hat Yai ke Kuala Lumpur dan sebaliknya. Ini berguna banget untuk kalian yang mau traveling on budget atau backpacking via darat dari Malaysia ke Thailand Selatan. So, keep on reading!

Bus dari Hat Yai ke Kuala Lumpur

Sebenarnya dari Hat Yai ke Kuala Lumpur bisa pakai tiga alternatif transportasi, yaitu pesawat terbang, kereta, dan bis. Nah kenapa saya pilih naik bis dibanding kedua pilihan lainnya?

Pertama, naik pesawat terbang meskipun simple dan cepat, tapi harga tiketnya paling mahal diantara pilihan lainnya.

Kedua, sekarang sleeping train Hat Yai-KL sudah tidak ada lagi, jadi kalau saya naik kereta harus ngeteng naik kereta thailand dari Hat Yai-border thailand, lalu ganti kereta malaysia dari border malaysia-KL. Nah karena saya baru pertama kali dan sendirian, jadi masih takut kalau harus turun naik dan ganti-ganti kendaraan apalagi di wilayah border.

So, saya pilih untuk naik bis untuk trip kali ini, walaupun perjalanannya lebih lama, tapi relatif lebih safe karena langsung dari Hat Yai-KL dan harganya paling murah diantara alternatif transportasi lainnya. Untuk diingat, starting point Hat Yai di itu di Lee Garden area dan destination point di Kuala Lumpur adalah Terminal Bersepadu Selatan (TBS), begitupun sebaliknya.

Nah, ketika menulis ini saya sebenarnya sudah 2x melakukan perjalanan naik bis dari Hat Yai ke Kuala Lumpur (pada November dan Desember) dengan provider bis berbeda, dan ada sedikit perbedaan yang akan dijelaskan di bawah ya.

Pengalaman 1: Hat Yai – Kuala Lumpur via bus Sri Maju (November 2017)

Saya pertama kali booking tiket bus ini via website Easybook (harus pakai cc/paypal) dengan harga THB511 (termasuk pajak). Nah saya sebelumnya tidak tau yang provider bus yang bagus, jadi hanya bermodalkan browsing dan tanya-tanya ke beberapa teman. Waktu saya lihat di website Easybook ini, bus Sri Maju jam nya lumayan pas untuk saya, yaitu keberangkatan jam 10 pagi. Di website ini juga ada keterangan kalau bis Sri Maju ini ada tv nya, jadi saya dengan penuh ekspektasi pilih bis ini.

Ternyata, saat kita sampai di kantor tour & travelnya di daerah Lee Garden, semua penumpang dijemput pakai van dan di drop di kantor imigrasi di perbatasan Sadao. Sebelum berangkat, saya sudah dituliskan nomor telepon bis dan nomor bis yang akan saya naiki berikutnya. Di perbatasan Thailand setelah cap imigrasi saya disuruh menunggu bis di dalam van. Setelah kurang lebih 15 menitan, bis nya datang dan supir van menyuruh saya untuk naik ke bis itu. Nah, setelah itu saya naik bis tersebut sampai ke Kuala Lumpur.

malaysia 1

malaysia 2

Saya mengambil perjalanan siang hari, berangkat dari Hat Yai pukul 10 pagi. Perjalanan dari Lee Garden Hat Yai sampai ke perbatasan Sadao memakan waktu sekitar 1 jam, dan  proses di imigrasi Thailand dan Malaysia plus menunggu bis sekitar setengah sampai satu jam. Berhenti di rest area ada 2-3x (saya lupa), yang pertama sekitar 30 menit untuk makan siang, sisanya hanya 10-15 menit. Total perjalanan dari Hat Yai sampau Kuala Lumpur memakan waktu kurang lebih 12 jam, saya sampai di TBS Kuala Lumpur sekitar pukul 10 malam.

Hal yang membuat saya senang adalah bis nya lega dengan susunan kursi 1-2. Jadi untuk kalian yang berpergian sendiri, kalian bisa pesan kursi yg barisan kiri karena ada 1 baris saja, jadi merasa lebih nyaman karena tidak harus duduk dengan orang asing. Hal lain yang saya sukai adalah bis ini merupakan sleeping bus, jadi kursinya bisa direbahkan sampai belakang tanpa mengganggu orang yang dibelakang kita. Leg space kita juga lebar jadi kaki kita nggak kesempitan.

Ada beberapa hal yang membuat saya kecewa, yaitu tidak ada tv seperti keterangan di Easybook, tidak ada wifi, dan tidak ada colokan, huhu. Bis ini juga sempat ngetem beberapa saat di terminal kota Ipoh, jadi perjalanan yang memang lama, berasa tambah lama. But, overall it was good. Supir dan kenek nya baik dan perjalanan saya juga lancar selamat sampai tujuan.

Pengalaman 2: Hat Yai – Kuala Lumpur via Bis Suasana Edaran (Desember 2017)

Kedua kalinya saya melakukan perjalanan dari Hat Yai ke Kuala Lumpur, saya pakai provider bus yang berbeda, yaitu Suasana Edaran. Kali ini saya beli tiketnya langsung datang ke kantor tour & travelnya di dekat Lee Garden (Kantor yang berbeda dengan Sri Maju) dan membeli dengan cash seharga THB600.

Kali ini saya ambil bis malam keberangkatan sekitar pukul 18:45. Dari kantor tour & travelnya, saya dan semua penumpang dijemput dengan tuktuk dan diantarkan ke tempat bus parkir (dekat Central Festival Hat Yai), dan langsung naik bis nya (tidak naik van dulu). Saya sampai di TBS Kuala Lumpur sekitar jam 5 subuh, so, ya sekitar 10-11 jam perjalanan. Overall, perjalanannya sama juga dengan pemberhentian 2-3x untuk makan dan ke toilet. Bedanya, bis ini tidak berhenti di Ipoh.

Bis kali ini gladly disediakan selimut, wifi, dan colokan. Ini sangat-sangat berguna dan membuat perjalanan yang panjang jadi less boring dan tidak terlalu terasa panjang. Karena yang saya ambil juga perjalananan malam, jadi di bis sangat enak untuk istirahat, karena memang sudah jam nya untuk tidur. Di perjalanan sebelumnya karena perjalanan siang, saya tidak terlalu bisa menggunakan semua waktunya untuk tidur karena memang belum jam tidur, jadi I was awake most of the time dan it was very boring. Overall, perjalanan saya saat itu juga lancar dan tidak ada kendala apapun.

 

Baca juga: #HatYaiLife: Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Hat Yai!

 

Bus dari Kuala Lumpur ke Hat Yai Via Bis Konsortium

Nah sekarang saya akan bahas perjalanan saya ketika pulang kembali ke Hat Yai dari Kuala Lumpur. Saya naik bis Konsortium dan beli tiketnya online juga di Easybook. Harga tiketnya THB571 termasuk pajak. Kenapa saya pilih provider bis yang berbeda? Karena saya mau coba pengalaman dengan berbagai provider bis dan mencari yang mana yang paling nyaman.

Sesampainya di Terminal Bersepadu Selatan, bawa tiket yang sudah di print ke loket “boarding pass” dan kalian akan dapat boarding pass untuk mendapatkan nomor gate yang harus kalian tuju, seperti di bandara. Kalian bisa menunggu di boarding room sampai bis nya datang.

Saya pilih bis malam sekitar pukul 10 malam agar sampai di Hat Yai pagi. Nah, karena saat bis sampai di perbatasan Malaysia dan perbatasan belum dibuka, maka kita semua menunggu di dalam bis sampai perbatasan dibuka, saya lupa tepatnya tapi sepertinya jam 5 atau 6 pagi. Bis sampai di Thailand sekitar pukul 7 dan penumpang diturunkan di jalan sebelum sampai pusat kota, lalu diangkut untuk kembali ke daerah Lee Garden menggunakan tuktuk. Seperti bis lainnya, perjalanan menggunakan Konsortium juga nyaman. Ada fasilitas selimut dan wifi.

 

Baca juga: Satu Hari Jalan-Jalan ke Melaka, Malaysia

 

Tips untuk kalian yang mau naik bis dari Hat Yai – Kuala Lumpur dan sebaliknya:

  • Booking tiket dari beberapa hari sebelumnya supaya bisa pilih kursi yang enak.
  • Wear comfortable clothes (ofc) karena perjalanannya sangat panjang.
  • Bring your own jacket.
  • Sebelum pergi ke Malaysia dari Hat Yai, tukarkan uang ringgit dulu untuk beli makanan di rest area.
  • Perjalanan malam lebih enak karena sekalian bisa istirahat (menghemat waktu).
  • Untuk kalian yang mau beli simcard Malaysia bisa beli pas sampai di TBS, KL. Ada convenient store yang menjual simcard.

 

So, if you ask me which provider I prefer, I would say Suasana Edaran! Overall semua provider yang saya coba bentuk bis nya sama (sejenis sleeping bus) tapi provider Suasana Edaran fasilitasnya lengkap dari mulai selimut, wifi, dan colokan, naik bis nya juga langsung dari Hat Yai. I hope this post can help you with your trip. Have a nice trip and see you on my next post! XO.

 

No Comments

  • harryjonathan

    Thanks a lot mba,rencana minggu depan mau nyoba suasana edaran,oiya 18.45 itu bis paking malam dari Hat Yai ya mba?

    Saya kebetulan stay di lee garden,untuk pembelian tiket langsung ke kantor mereka disana ya?

    Thanks

    • sancays

      Saya kurang tau kalo jadwal lebih malam lagi ada atau engga, soalnya waktu itu pas saya beli langsung diarahin ambil jam itu mas. Iya disekitar Lee garden banyak tour&travel, cari aja yang kantor Alisan Suasana Edaran mas. Semoga membantu.

    • sancays

      Ga ada yang langsung mba, stau saya ada bangkok – hat yai, trus ganti kereta hat yai — sadao, trus di perbatasan malaysia ganti kereta malaysia

  • REKA RUSYDINA

    Hello mba santi. Saya ada rencana tahun ini mau cari pengalaman via darat untuk ke thai. Saya ingin mencoba naik bus suasana edaran (PP) tetapi keberangkatan saya dari kl. Untuk naik bus tersebut, apakah bisa dr bandara klia2 ya? Atau harus ke kota dulu. Kalau harus ke kota, itu lokasi bus nya dimana ya? Pembelian tiket itu H- berapa sebelum keberangkatan? Rencana aku sampai KL tgl 5 des. Rekomendasiin tempat wisata hatyai mba, saya 3-4hr disana. Menginap dimana untuk budget terbatas, saya bersama teman kesananya. Kendaraannya yg bersahabat dgn kantong apa ya? Hehe. Saya perdana kesana. Maaf ya mba banyak pertanyaan.

    • sancays

      oke aku bantu jawab yaa
      1. Naik bis harus dari TBS (terminal bersepadu selatan). Dari KLIA bisa naik bis ke TBS harganya 11 ringgit.
      2. Pembelian tiket sih bisa hari H juga kalau masih available mba. Bis ke hat yai hanya ada pagi dan malam ya
      3. Tempat wisata ada banyak sih, hat yai municipality park, sleeping buddha, asean night market, lee garden area
      4. Untuk menginap saya belum ada rekomendasi mba
      5. Kendaraan bisa pakai grabcar atau tuktuk
      Smoga membantu ^^

  • sancays

    Biasanya saya sudah print bookingannya, dan langsung dibawa ke tour and travelnya aja. Lebih baik datang setengah jam sebelum jadwal bisnya berangkat yaa.

  • Rintant A

    Terima kasihhh.. membantu banget, btw mau tanya, kan aku dr KL mau ke Hatyai tp sorenya ke Bangkok, itu nanti di form Imigrasi, tulis stay at -ny bangkok atau hatyai ya? soalnya di hatyai ga nginep.. soalnya belum pernah hehheheh. Terima kasih

  • sancays

    Halo, salam kenal juga mba.. sbenernya bisa-bisa aja kalau masih ada seatnya. Bisa sih cek di easybook krna boleh pilih kursi jadi mungkin bisa cek kursi yang masih kosongnya ada atau tidak sebelum datang ke terminal.

  • Ismi

    Halo mba blognya informatif sekali 🙂
    Mau nanya mba, kalau dr bandara hatyai ke lee garden bisa naik kendaraan apa ya mba? Ratenya brp dr bandara ke lee garden kira2 kalau mba tau?

  • Putry

    Halo mba, saya baru pertama kali mau keluar negri. Rencananya tahun depan mau ke kuala lumpur trus mau lanjut ke bangkok. Kira2 naik apa supaya murah ya mbak?trimakasih. Bisa minta email gk mba?

  • Isti Yanah

    keren mbak shanty. saya dan teman2 mau backpackeran ke KL.. SIN dan Hatyai nih. untuk yg hatyai rada khawatir juga karena kendala di bahasa. rencana saya dari Johor bharu ke Hatyai nya. untuk saat ini sleeper train ga ada lagi ya mbak. kalau naik bus yg rekomended apa mbak shanty. oh ya MBAK SHANTY TINGGAL DI HATYAI KAH. MEET Up yuuk mbak tgl 2 desember 2018 saya insha allah sampai hatyai nya. tx

  • Made Lili

    Halooo mba Santi. Sy rencana dr krabi ke KL bl feb 2019. Sdh check easybook.com tp kok da bus yg mba sebut diatas ya? Adanya bus CTTS. Klo dr krabi kt nunggu busnya dimana ya mba? Mksh

  • wanti sun

    mba
    kalau naik bis langsung di TKP bisa ga
    jadi langsung
    biaya bis KL – Hatyai berapa ya.. dalam rupiah
    ada penginapan di sekitar hatyai..apa yg murmer mba
    mksih

Tulis Komentar Disini