Travel

Kuala Lumpur: Tempat yang Wajib Dikunjungi! (Traveler Low-budget)

Hi travelers! Di postingan kali ini saya mau sharing ke kalian tentang tempat-tempat wisata yang wajib banget dikunjungi di Kuala Lumpur. Kebetulan saya travelers yang low-budget jadi semua tempat ini pastinya juga low budget dan gampang dijangkau dengan transportasi umum. Yuk kita bahas sekarang!

 

Menara Kembar Petronas dan KLCC Park

KLCC Petronas Malaysia 1

Ini dia atraksi wisata yang paling terkenal dan “wajib” banget untuk dikunjungi kalau kalian ke Kuala Lumpur. Rasanya belum ke Malaysia kalau belum foto di depan menara kembar Petronas ini ya, hahaha. Menara kembar Petronas ini terletak di kawasan perkantoran di Kuala Lumpur.

Selain ke bagian depan menara Petronas, kalian juga bisa datang ke taman KLCC yang terletak di bagian belakang Petronas. Jadi, lantai bawah menara Petronas ini ada pusat perbelanjaan Suria KLCC dan memiliki taman yang menurut saya sih bagus dan asri untuk ukuran taman kota.

KLCC Petronas Malaysia 2

 

KLCC Petronas Malaysia 5

Lelah jalan-jalan di Kuala Lumpur, kalian bisa bersantai sejenak di taman KLCC ini. Suasananya sejuk dan nyaman. Ada beberapa air mancur, kursi-kursi taman, pepohonan, dan jembatan yang lumayan instagrammable lah untuk spot foto-foto.

Selain memang menjadi sebuah atraksi tersendiri, taman KLCC ini juga merupakan spot foto yang lumayan pewe untuk berfoto ria dengan latar belakang menara Petronas, tepatnya dari atas jembatan. Disekitar sana ada banyak penjual fisheye untuk kamera supaya fotonya lebih berefek dan lebih wide anglenya. Kalau saya kemarin cukup sih pakai kamera biasa saja.

KLCC Petronas Malaysia 7

Transportasi kesana:Β Naik RapidKL dan turun di stasiun KLCC. Bisa juga jalan kaki dari Bukit Bintang kesini, lewat jalan tembus gedung-gedung mall dan perkantoran.

 

Batu Caves

Batu Caves Malaysia 2

Destinasi wisata Batu Caves adalah salah satu destinasi wisata yang paling terkenal di Kuala Lumpur. Sesuai dengan namanya, Batu Caves adalah sebuah goa yang di dalamnya ada kuil untuk ibadah agama Hindu. Saya waktu itu tidak masuk ke dalam goa, karena bisa dilihat sendiri kalau anak tangganya banyak banget, dan saya juga waktunya terbatas karena harus mengunjungi tempat lainnya.

Atraksi utama Batu Caves ini adalah goa nya dan patung dewa yang super besar. Saya pribadi sih sudah merasa puas foto-foto di depan patung dewa. Disana banyak burung merpati dan kalian bisa memberi makan mereka, sambil foto-foto, hehehe. Selain burung merpati, disana juga banyak monyet berkeliaran jadi hati-hati ya dengan barang bawaan kalian.

Batu Caves Malaysia 1

 

Waktu itu saat saya kesana cuacana super panas dan silau, jadi pastikan kalian bawa sunglasses ya! Saya lupa bawa sampai saya beli sunglasses disana, haha. Di sekitar Batu Caves banyak sekali penjual souvenir Malaysia, dari yang toko premium sampai toko biasa. Kuliner dan pernak pernik khas umat Hindu juga banyak dijual disana.

Transportasi kesana: Naik Komuter tujuan Batu Caves (stasiun akhir) lalu jalan kaki ikuti petunjuk.

 

Dataran Merdeka

Dataran Merdeka Malaysia 4

Tempat ketiga yang nggak kalah menarik di Kuala Lumpur adalah, Dataran Merdeka. Berbeda dengan KLCC dan Petronas yang amat modern, atau Batu Caves yang seperti wisata alam dan keagamaan, kalau Dataran Merdeka ini merupakan atraksi wisata yang lebih kearah cultural and historical building.

 

 

Dari turun kereta dan jalan kaki sampai ke Dataran Merdeka, banyak sekali spot foto yang instagrammable. Diantaranya adalah payung raksasa di depan Masjid Jamek yang merupakan replika seperti di Arab. Waktu itu spot ini masih dalam proses penyelesaian, tapi sekarang sih sudah selesai. Ada juga gedung dan jembatan yang menjadi spot foto saya waktu itu. Kalau tidak salah gedung putih itu gedung pemerintah (salah satu kementrian). Setelah menyebrangi jembatan, sampailah kita ke Dataran Merdeka.

Basically yang dimaksud Dataran Medeka itu lapangan besar (lapangan merdeka). Tapi, sayang sekali saat saya kesana waktu itu di tengah lapangan sedang ada acara, ada panggung, ada juga pertandingan futsal dan banyak sekali orang lalu lalang, jadi kita tidak bisa puas foto-foto di semua spot. But it’s okay, saya udah foto-foto di depan Gedung Sultan Abdul Samad banyak juga kok, hehe.

Dataran Merdeka Malaysia 3

 

Transportasi kesana: Naik RapidKL turun di stasiun Masjid Jamek, lalu jalan kaki ikuti petunjuk atau tanya orang sekitar.

 

Baca juga:Β Satu Hari Jalan-Jalan ke Melaka, Malaysia

 

KL City Gallery

KL City Gallery Malaysia 1

Masih disekitar kawasan Dataran Merdeka, kalian bisa ke atraksi wisata selanjutnya yang jaraknya sangat dekat, yaitu KL City Gallery. KL City Gallery terletak di sebuah bangunan di sisi kanan Dataran Merdeka dengan spot foto I Love KL berwarna merah di depannya yang sangat mudah untuk ditemukan.

KL City Gallery ini seperti museum kota Kuala Lumpur, yang menurut saya sih kontemporer ya, dan di dalamnya ada pertunjukan yang modern. Kali ini saya masuk ke atraksi wisata yang berbayar. Harga tiket masuknya adalah 10 RM, yang nanti bisa ditukar dengan souvenir.

 

 

Yang membuat saya takjub di museum ini adalah pertunjukan sejenis light show gitu ya, tentang sejarah kota Kuala Lumpur yang sangat modern dan memanjakan mata. Untuk menonton pertunjukkannya, tidak diperlukan tiket tambahan. Pertunjukkan dilakukan beberapa menit sekali.

KL City Gallery Malaysia 4

Transportasi kesana: Jalan kaki dari Dataran Merdeka

 

Thean Hou Temple

Thean Hou Temple Malaysia 1

Di hari terakhir saya di Kuala Lumpur, saya bertemu dengan teman-teman saya yang tinggal disini, Guma dan Rini. Mereka mengajak saya ke kuil ini. Basically saya memang suka bangunan yang arsitekturnya oriental gitu, seperti temple-temple di Thailand, lalu kuil China seperti ini, ataupun berbagai rumah adat Indonesia. Menurut saya bangunan tradisional bentuknya sangat indah dan penuh nilai seni (cielah), terutama jika benar-benar dirawat dan dijaga.

 

 

Kuil ini letaknya diatas bukit, jadi dari atas kuil ini bisa melihat pemandangan kota Kuala Lumpur. Di bagian bawah kuil ini ada tempat beribadah dan semacam aula untuk menggelar pernikahan. Kebetulan waktu saya kesana ada yang lagi nikahan, jadi kuilnya ramai.

Shoutout to Guma and Rini for taking care of me in KL!

Thean Hou Temple 3

Transportasi kesana: Naik Grabcar

 

Central Market

Central Market Malaysia

Buat kalian yang ingin beli oleh-oleh untuk keluarga, teman, saudara, dan lainnya, kalian bisa datang ke Central Market. Disini banyak banget oleh-oleh dari mulai makanan ataupun souvenir berbau Kuala Lumpur atau Malaysia. Contohnya seperti gantungan kunci, pajangan, tempelan kulkas, tas, dompet, baju, dan sejenisnya. Ada juga makanan seperti Milo Cubes, coklat, snack-snack khas Malaysia, dan lain-lain. Waktu itu saya beli Milo Cubes disini karena murah. Disini juga ada restoran dan jajanan kaki lima.

Transportasi kesana: Naik RapidKL turun di stasiun Pasar Seni lalu jalan kaki.

 

Bukit Bintang

Bukit Bintang Malaysia 1

Buat kalian yang doyan belanja atau memang pengen hunting barang-barang branded di Malaysia, jangan lupa buat mengunjungi Bukit Bintang! Kawasan ini merupakan kawasan pusat perbelanjaan barang-barang branded yang berjejer rapih sepanjang jalan. Karena saya traveler low budget dan memang tidak berencana belanja, jadi saya cuma lewat saja dan numpang foto-foto hehehe. Suasananya ramai banget tapi sangat terasa suasana downtown banget, suka.

Transportasi kesana: Naik Monorail turun di stasiun Bukit Bintang lalu jalan kaki.

Nah itu dia beberapa tempat rekomendasi buat kalian yang mau jalan-jalan ke Malaysia! Mostly ini rekomendasi buat kalian yang backpacker atau traveler low budget seperti saya. Dari semua tempat yang saya tulis diatas, saya mengeluarkan uang untuk membayar tiker hanya di KL City Gallery, sisanya di tempat lain uangnya keluar untuk transportasi, makan, atau beli barang.

So, buat kalian yang belum pernah ke KL paling penasaran mau ke tempat yang mana?

Dan buat kalian yang udah pernah ke KL ada tambahan tempat yang wajib dikunjungi nggak?

Sharing yuk di kolom komentar!

See you guys on the next post

XO

Advertisements

19 thoughts on “Kuala Lumpur: Tempat yang Wajib Dikunjungi! (Traveler Low-budget)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s