Beauty,  Lifestyle

Tips Terhindar dari Barang Palsu Saat Berbelanja Online

Hai semuanya!

Kali ini aku mau sharing dan cerita-cerita aja ke kalian. Setelah sekitar dua tahun aku menulis blog, sudah banyak postingan yang ku tulis dari mulai tips traveling, swatches lipstik, review produk, pengalaman kuliah di Thailand, dan lain-lain. Tapi dari semua postingan yang aku tulis, postingan yang paling banyak dibaca adalah tentang perbedaan produk asli dan palsu. Di postingan itu juga banyak banget yang komentar, baik menanyakan keaslian produk yang mereka beli, atau sharing kalau mereka dapat produk palsu ataupun asli. Postingan itu adalah yang organic engagementnya paling baik dan aku seneng banget bisa sharing tentang hal tersebut. Nah based on that thought aku jadi kepikiran untuk buat tips-tips agar kalian terhindar dari barang palsu ketika berbelanja online. Tips-tips ini merupakan pengalaman pribadi aku yang selama ini sering banget belanja online.

Baca Review Produk yang Mau Kalian Beli

Jaman sekarang baca review produk menurutku sudah jadi hal yang wajib sebelum membeli suatu produk. Sudah banyak blogger maupun online media yang menulis review tentang berbagai produk, misalnya beauty, lifestyle, otomotif, kuliner, dan lainnya. Dengan membaca review produk kalian bisa mengetahui lebih banyak tentang produk tersebut, misalnya kelebihan dan kekurangannya, harganya, dimana membelinya, dan banyak informasi lainnya. Dari review-review tersebut juga kalian bisa tau apakah produk tersebut banyak beredar barang tiruannya atau tidak. Ini bisa mengingkatkan awareness kalian untuk hati-hati dalam membeli produk tersebut nantinya.

Be aware! Jangan Percaya Harga Murah

Berkaitan dengan tips sebelumnya, dalam berbelanja online kita harus selalu aware dan waspada kalau kita melihat produk yang harganya jauh dibawah harga standar pasaran. Biasanya para penjual produk palsu memanfaatkan orang-orang yang gampang tergiur dengan harga murah dan langsung membeli tanpa tau kalau produk tersebut palsu.

Kalau kalian menemukan toko online dengan harga murah tapi masih ragu-ragu barang yang dijual original atau tidak, saran dari aku cek produk lainnya di toko tersebut. Biasanya kalau aku sudah liat produk lainnya sama-sama meragukan, aku nggak akan belanja di toko itu. Tapi kalau produk-produk lainnya yang dijual di toko itu meyakinkan, mungkin harga yang ditawarkan memang betul-betul murah karena toko tersebut distributor atau melayani grosir. (Tapi ini semua relatif juga sih, better untuk nggak melanjutkan kalau memang ragu-ragu)

Perhatikan Review Toko dari Konsumen Lainnya

Sekarang ini hampir semua e-commerce sudah ada fitur review dan para konsumen secara sukarela menulis review mengenai pendapat mereka tentang produk tersebut. Pilihlah produk atau toko online yang memiliki review positif dari konsumen lain. Aku biasanya rajin baca review produk terutama yang pakai komentar dan gambar, jadi aku tau gambar asli dari produk itu dan apa pendapat orang yang sudah pernah membeli produk itu.

Hanya Belanja di Toko Online yang Terpercaya

Nah tips terakhir untuk terhindar dari produk palsu adalah dengan berbelanja online hanya di toko online yang terpercaya. Sekarang ini sudah banyak e-commerce yang memiliki fitur offical store atau seller yang terpercaya sehingga memudahkan para konsumen untuk memilih seller yang produknya benar-benar original.

Alternatif lainnya adalah berbelanja di department store yang sudah membuka online storenya, seperti iLOTTE.com. iLOTTE.com yang berkonsep online mall ini hanya menjual produk yang berasal dari brand resmi dan produk-produk yang dijual di Lotte Avenue, Lotte Mart, Lejel Shopping, dan Planet Sport. Contohnya adalah produk Nature Republic Soothing Gel yang dikirim langsung dari Korea Selatan untuk menjamin originalitasnya.

ilotte

Buat kalian yang suka banget sama K-Beauty, di iLOTTE.com banyak banget pilihan brand kecantikan korea seperti Nature Republic, Laneige, Too Cool for School, Cathy Doll, dan lainnya. Produknya sudah pasti original dan terpercaya jadi tenang banget kalau belanja disini. Kalau kalian tertarik untuk berbelanja di iLOTTE.com dan mau lihat-lihat produk ini atau produk lainnya, gampang banget kok, klik aja disini.

Itu dia tips-tips dari aku untuk menghindari barang palsu saat berbelanja online. Semoga berguna ya untuk kalian yang sering berbelanja online supaya selalu aman dan membeli barang yang terjamin originalitasnya. Nah kalau kalian lagi cari inspirasi, tips, ataupun life hack lainnya tentang fashion, beauty, hobby, kuliner, maupun love life, langsung aja buka website iStyle.id karena disana ada banyak banget artikel yang seru dan menarik.

istyle

Sampai jumpa di postingan berikutnya ya guys!

XOXO

 

No Comments

Tulis Komentar Disini