Travel

#HatYaiLife: Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Hat Yai!

Hola semuanya!

Kembali lagi di segmen #HatYaiLife, kali ini aku akan bahas mengenai tempat-tempat yang wajib untuk dikunjungi di Hat Yai! Sebenarnya aku sudah lamaa banget mau nulis postingan ini, tapi karena aku masih mengumpulkan materinya (foto dan pengalaman), jadi baru sekarang bisa posting tentang tempat wisata di Hat Yai.

Hat Yai ini popular di kalangan turis Malaysia, dan turis-turis lainnya yang melakukan perjalanan darat Malaysia-Thailand maupun sebaliknya, karena biasanya mereka akan singgah sebentar atau transit di Hat Yai.

Nah, sebenarnya tempat apa aja sih yang menarik di Hat Yai? Yuk kita lihat di bawah ini ya!

Hat Yai Municipality Park

hat yai wisata 1

Hat Yai Municipality Park ini adalah taman kota Hat Yai yang dijadikan sebagai destinasi wisata. Di dalam tempat ini, ada patung Buddha (Phra Buddha Mongkol Maharaj) berukuran besar yang sangat iconic di Hat Yai. Seperti Wat lainnya, di bawah patung Buddha ini ada ruangan untuk berdoa dan kita bisa masuk untuk melihat-lihat.

hat yai wisata 2

Karena letaknya di atas perbukitan, dari depan patung Buddha ini kita bisa melihat pemandangan kota Hat Yai. Di samping patung Buddha ini ada wahana kereta gantung yang bisa kalian naiki (tiketnya seharga 200 Baht). Aku sendiri belum sempat naik kereta gantung waktu itu, next time saya ke Municipality Park wajib cobain kereta gantungnya!

Kereta gantung ini akan membawa kalian ke temple yang ada di bukit seberang. Nanti kembalinya gimana? Tenang aja karena tiket yang kalian beli berlaku untuk dua arah. Di dekat loket karcis kereta gantung, ada coffee shop dan space untuk kalian yang mau duduk santai. Kerennya, kalian bisa nongkrong-nongkrong with a view! Jendelanya terbuat dari kaca dan kalian bisa lihat pemandangan kota dari dalam ruangan yang adem (di luar panas banget, euy!)

Di tengah jalan menuju ke atas bukit, ada tempat menarik yang bisa kalian singgahi untuk berfoto. Tempat ini seperti adalah Brahman Shrine. Disini ada kuil dan berbagai patung yang bisa dijadikan objek foto.

Tips: Jika kalian tidak membawa kendaraan, jangan khawatir karena sudah tersedia kendaraan untuk naik ke atas bukit dan sebaliknya di Hatyai Municipality Park ini (di dekat foodcourt).

 

Wat Hat Yai Nai (Sleeping Buddha)

hat yai wisata 6

Jika kalian belum pernah atau tidak sempat berkunjung ke Sleeping Buddha di Bangkok, jangan khawatir, karena Hat Yai juga punya Sleeping Buddha! Terakhir kali aku kesini, sedang ada pembangunan di halaman, dan mungkin sekarang sudah agak berbeda. Berkunjung ke tempat ini tidak dipungut biaya, alias gratis. Kalian bebas untuk berfoto dan memasuki wilayah patung buddha.

 

Floating Market

Salah satu tempat wisata favorit di Hat Yai adalah floating market atau pasar terapung. Di Hat Yai sendiri ada dua floating market, yaitu Khlong Hae dan Ban Phru Floating Market. Keduanya berada di sisi yang berbeda di Hat Yai. Kebetulan aku sudah pernah berkunjung ke kedua floating market tersebut, so akan aku bahas satu persatu ya.

Khlong Hae Floating Market

hat yai wisata 23

Tempat ini adalah salah satu tempat yang pas kalau kalian mau berburu kuliner. Ada banyak jenis makanan dan minuman, halal dan non halal yang bisa kalian nikmati. Disini ada dua tempat, Untuk yang berjualan di gubuk-gubuk di atas, dan ada juga yang di perahu. Untuk yang di perahu, hampir semuanya halal.

To be noted, Klong Hae floating market ini buka hanya di weekend ya. Mulai dari sore hingga malam hari. Disini banyak pilihan makanan yang enak-enak dan murah-murah, aku sampai bingung mau beli apa.

 

Ban Phru Floating Market

hat yai wisata 8

Jika dibandingkan dengan Khlong Hae, Ban Phru Floating Market ini cenderung lebih terkenal diantara wisatawan lokal, walaupun menurutku tempatnya lebih luas. Unfortunately, waktu itu aku kesini saat tanggal merah atau ada suatu event penting (aku lupa juga), jadi banyak pedagang yang tutup, dan tempatnya tidak terlalu berasa hidup.

Nah tapi karena sepi waktu itu tempat ini jadi nyaman buat nongkrong lama dan chit-chat sama teman-teman. Space di tempat ini lebih banyak dan nyaman daripada di Khlong Hae yang super padat.

 

Lee Garden Area dan Kimyong Market

hat yai 29

Area Lee Garden bisa dibilang sebagai tourist areanya Hat Yai. Di area ini banyak sekali penginapan baik hotel maupun hostel backpacker, kantor travel agent yang menjual berbagai paket tur dan tiket bis/van, restoran, thai massage, dan lainnya.

Lee Gardens Plaza Hotel sendiri adalah gedung hotel yang terbesar disana. Di beberapa lantai bawah ada toko-toko untuk berbelanja kosmetik, pakaian, makanan, oleh-oleh, dan lainnya. Mungkin banyak yang belum tau, di lantai paling atas ada sky buffet, dimana kalian bisa menikmati makanan sambil melihat suasana kota Hat Yai dari ketinggian.

Tidak jauh dari Lee Garden, ada pasar tradisional yang bernama Kimyong Market. Disini dijual banyak makanan tradisional, makanan untuk oleh-oleh, pakaian, dan berbagai souvenir lainnya. Kalau kalian cari Thai Tea kemasan yang warna hijau dan merah, dan juga makanan untuk buah tangan khas thailand kalian bisa membelinya disini.

 

Asean Night Bazaar

hat yai wisata 13

Kalau ditanya soal tempat shopping di Hat Yai, Asean Night Bazaar adalah tempat yang akan aku rekomendasikan untuk para wisatawan. Disini lengkap ada pakaian, sepatu, pernak-pernik, souvenir, kosmetik, dan lainnya. Untuk urusan fashion, menurutku disini kalian bisa menjumpai pilihan yang cukup beragam seperti di Bangkok.

Asean Night Bazaar terdiri dari 2 lantai. Lantai pertama ada pertokoan, dan lantai dua ada kuliner. Untuk kulinernya, disini lumayan bervariasi dan harganya juga terjangkau jika dibandingkan dengan kuliner di area Lee Garden. Oh ya, jangan lupa ya, Asean Night Bazaar tutup di hari senin.

 

Central Festival

hat yai wisata 28

Kalau kamu mau shopping spree di berbagai toko seperti The Body Shop, Bath and Body Works, Watsons, Boots, Daiso, Beauty Cottage, Beauty Buffet, Uniqlo, H&M, dan lainnya, kalian bisa datang ke Central Festival. Central Festival adalah mall yang paling besar dan lengkap di Hat Yai. Disini juga ada berbagai aktivitas lain seperti laser tags, bioskop, dan ice skating.

 

Greenway Market

hat yai wisata 33

Greenway Market ini mirip dengan Asean Night Bazaar, tapi lebih seperti pasar malam. Ada berbagai toko yang menjual pakaian, tas, kosmetik, sepatu. Ada juga foodcourtnya 2 lantai yang menjual berbagai makanan Thailand dan makanan luar seperti sushi. Greenway Market buka pada sore hari sekitar jam 5 sore dan juga tutup di hari senin seperti Asean Night Bazaar.

 

Transportasi

Ada beberapa orang yang menanyakan transportasi apa untuk berkeliling Hat Yai, nah aku ada dua alternatif untuk kalian.

Tuktuk

Tuktuk adalah kendaraan tradisional disini. Kalau kalian pernah ke Bangkok, tuktuk di Bangkok dan di Hat Yai jauh berbeda. Di Hat Yai, tuktuknya besar dan bisa muat 10-12 orang. Kalau rombongan kalian banyak orangnya dan ingin menghemat budget, aku sarankan untuk menyewa tuk-tuk. Bentuk tuktuk seperti gambar di bawah ini ya.

Aku punya rekomendasi supir tuktuk yang sering disewa oleh mahasiswa Indonesia disini. Namanya P’Bun, beliau bisa berbahasa inggris dengan lancar. Kalian bisa menyewa harian, atau untuk mengantar-jemput dari bandara, dan sebagainya. Kalian bisa menghubungi beliau ke +66864833533

 

Grab

Di Hat Yai tersedia Grabcar, tapi belum ada Grabbike. Nah kalian bisa sewa harian juga Grabcarnya, untuk harganya bisa dilihat di applikasi Grab, dan aku juga punya foto brosur dari Grab tentang ini.

hat yai wisata 35

 

Segini dulu ya tulisanku untuk kali ini. Hope it helps! Kalau kalian mau tanya silahkan komentar di kolom komen, atau bisa juga DM aku di Instagram (@shantygus). See you!

XOXO

Advertisements

2 thoughts on “#HatYaiLife: Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Hat Yai!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s