Travel

Short Trip to Penang! Wisata, Kuliner, dan Transportasi

Hello again!

Di postingan kali ini, aku mau melanjutkan ceritaku tentang perjalananku ke Penang. Kali ini, aku akan bahas tentang beberapa tempat yang bisa kalian kunjungi, makanan yang nggak boleh dilewatkan, dan transportasi yang bisa kalian pakai disana. Oh iya, selama di Penang aku cuma berkeliling di Georgetown aja, jadi yang aku tulis disini semua ada di Georgetown ya!

 

Wisata

Sebenarnya aku nggak terlalu banyak jalan-jalan saat di Penang. Aku lebih banyak hanya muter-muter menikmati kota, dan menghindari tempat wisata yang berbayar. So, beberapa tempat ini adalah yang aku datangi saat aku di Georgetown, Penang.

Street Arts

Atraksi utama di Georgetown bisa dibilang adalah street artsnya. Ada puluhan street art yang tersebar di Georgetown. Kalau kamu punya peta wisata kota Georgetown, disana ada list street arts dan letak masing-masing street arts dimana. Saranku sih kalian bisa jalan kaki atau naik sepeda karena letaknya berdekatan satu sama lain. Better juga untuk pergi di pagi atau sore hari supaya nggak terlalu panas. It’s really fun to go street arts hunting!

 

Wisata Religius di Jalan Masjid Kapital Keling

Di jalan ini kalian bisa melakukan wisata religius, karena ada empat rumah ibadah dari empat agama yang berbeda di satu jalan. I love the fact that different religions could live peacefully together!

Yang pertama ada Masjid Kapital Keling. Masjid ini bersejarah karena dibuat pada sekitar abad ke-19 oleh pedagang muslim India. Masjid ini salah satu highlight disini, waktu aku kesana, ada beberapa bule yang juga masuk ke dalam dan mendengarkan penjelasan tentang tempat ini oleh tour guide.

Kedua, di ujung jalan ada St. George Anglican Church. Gereja ini juga merupakan peninggalan dari abad ke-19. Bergaya eropa, aku suka melihat arsitektur gereja ini. Untuk foto dari luarpun sudah terlihat bagus.

Ada dua kuil Cina di jalan ini, yaitu Kuan Yin Teng dan Yap Kong Temple. Sebenarnya aku nggak terlalu tahu apa bedanya, tapi Kuan Yin Teng letaknya diantara Masjid Kapital Keling dan St. George Anglican Church. Kalau Yap Kong Temple letaknya di ujung jalan, disebrang Masjid Kapital Keling.

Terakhir, ada Sri Mahamariamman Temple. Sayangnya saat aku kesana templenya sedang tutup dan aku nggak ambil fotonya. Tapi dari luar templenya mirip dengan temple hindu yang ada di Little India di Singapura.

 

City Hall dan Padang Kota Lama

Satu kawasan lagi yang bisa kalian kunjungi adalah di area city hall dan padang kota lama. Disini ada bangunan city hall bergaya eropa yang menurutku bagus banget untuk foto-foto. Aku nggak tau sih kita bisa masuk atau engga, tapi foto di depannya aja udah cukup puas.

Di dekat city hall, ada padang kota lama, yaitu taman luas yang biasanya ramai di sore hari atau weekend. Aku lihat orang-orang sangat ramai duduk santai disini di hari minggu sore, tapi hari senin siang pas aku kesana lagi sepi banget, mungkin karena masih siang kali ya. Aku suka sih taman ini, karena tempanya bagus, bersih, dan nyaman.

By the way, di dekat padang kota lama ini ada benteng cornwallis, salah satu atraksi di georgetown. Tapi aku waktu itu nggak kesana karena masuknya berbayar dan seingatku agak mahal dan aku nggak ada budget untuk itu.

 

Kuliner

Di Georgetown aku makan beberapa makanan khas sini yang direkomendasikan oleh resepsionis hostelku. Overall aku suka semua sih makanan yang aku coba. Ini beberapa diantaranya.

Nasi Kandar

penang 23

Salah satu kuliner khas di Penang adalah nasi kandar. Aku melihat banyak banget restoran nasi Kandar dimana-mana, tapi salah satu yang direkomendasikan adalah Nasi Kandar Hameediyah. Lokasinya sangat dekat dengan hostelku, hanya beda satu gang. Jadi uniknya disini dining area dan tempat pesannya berbeda. Pertama kita masuk ke satu gerai untuk pilih mau makanan apa. Setelah itu kita bawa makanan kita dan kartu bayarnya ke gerai yang ada di beberapa ruko di dekat situ, kalian bisa lihat petunjuknya. Nah disana adalah tempat kita makan, pesan minuman, dan bayar. Aku suka sih makan disini karena enak banget, tapi agak mahal menurutku. Aku lupa berapa, tapi kalo nggak salah aku habis sampai kisaran 20 RM deh.

 

Mee Sotong

Makanan ini adalah salah satu makanan yang di highlight oleh resepsionis hostelku waktu itu. Letaknya ada di foodcourt dekat City Hall dan Benteng Cornwallis. Pas aku kesana, memang kelihatan jelas kedai yang jual makanan ini antriannya paling panjang dibandingkan kedai makanan lainnya. Tapi nggak terlalu lama kok, karena mienya sudah dimasak sebelumnya. Waktu itu aku pesan mee sotong goreng, dan seingatku juga ada mee sotong rebus.

Mee sotong adalah mie dengan sotong (seafood sejenis cumi-cumi). Bumbunya lumayan terasa kental dan pedas. Tapi aku akui, memang rasanya enak kok! Malah sekarang jadi suka kebayang-bayang mau makan ini lagi, hehehe. Harga makanan ini nggak mahal kok, hanya berkisar RM 5.00-RM7.00.

 

Cendhol

penang 24

Meskipun di Indonesia juga ada Cendol, tapi aku dengar Cendhol adalah salah satu kuliner khas di Penang juga, jadi aku pengin coba. Di brosur wisata kota Penang, ada satu kedai Cendhol yang sudah sangat terkenal, tapi somehow waktu itu aku nggak nemu dan jadinya cobain Cendhol yang ada di Mall di Komtar. Aku sejujurnya kurang suka sih karena meskipun ada gulanya tapi Cendhol ini nggak manis sama sekali, jadi rasanya agak hambar.

 

Transportasi

Selama di Georgetown, aku biasanya memakai bis atau berjalan kaki. Namun selain itu, ada beberapa pilihan transportasi yang bisa kalian gunakan.

RapidPenang Free CAT bus

Kalau aku lihat, Penang punya trayek bus yang sudah tertata untuk pergi sekeliling Penang. Terminal utamanya adalah di Komtar. Nah, tapi khusus untuk Georgetown, ada bus gratis yang bisa kalian gunakan untuk berpergian di sekitar Georgetown. Aku sering banget pakai busnya karena kalau siang panas sekali untuk jalan kaki. Kebetulan hostelku juga lokasinya deket banget sama halte bis. Kalian bisa lihat trayek busnya di peta wisata Georgetown atau di internet.

Bus yang aku naiki adalah RapidPenang CAT Bus, dan bukan Penang Hop on Hop Off (kalau yang ini aku kurang tau berbayar atau tidak dan rutenya). Biasanya ada halte yang bentuknya seperti halte biasa dengan tempat duduk, tapi terkadang juga ada yang hanya ada papan di pinggir jalan untuk menunjukkan kalau itu haltenya (dengan nomor halte).

 

Grab

Buat kalian yang ingin keliling Penang atau wisata keluar Georgetown, jangan khawatir karena di Penang ada Grabcar kok! Aku dua kali coba saat pertama datang dan pulang ke airport dan lumayan cepat dapat drivernya.

 

Sepeda

Kalau kalian mau sepedaan keliling Georgetown, bisa banget! Ada beberapa tempat penyewaan sepeda salah satunya ini. Kalian bisa menyewa langsung menggunakan aplikasi di smartphone kalian. Selain ini, ada juga penyewaan manual di kawasan dekat street arts. Aku nggak menyewa sepeda karena nantinya harus memikirkan parkir, dan lain-lain jadi aku lebih pilih untuk jalan kaki.

 

Becak

penang 25

Nah selain sepeda, kalian juga bisa naik becak. Aku lihat banyak orang-orang yang hunting street arts menggunakan becak, jadi langsung diantar oleh abang becaknya ke spot-spot yang ada street artsnya.

 

Baca juga: Short trip to Penang! Rekomendasi Penginapan: WeLuv Travel Guesthouse

 

Okay guys segini dulu untuk postingan tentang Penang. Semoga helpful untuk kalian yang mau jalan-jalan ke Penang! Byee~

XOXO

Advertisements

3 thoughts on “Short Trip to Penang! Wisata, Kuliner, dan Transportasi

  1. Wohoooo mantapp banget kak, kebetulan tahun depan aku mau ke malaysia ini. Semoga tulisan ini dapat membantu saya mengitari malaysia :))

    btw KL ke penang bERAPA KM ya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s