Lifestyle · Travel

Pertama Kali Menginap di Airbnb! (Plus Link Diskon!)

Heyho guys!

Siapa diantara kalian yang suka bingung cari penginapan saat traveling? Kalau aku, biasanya aku menginap di hostel yang asrama maupun private room, tapi untuk trip kemarin karena bawaanku yang super banyak (karena sekalian pulang dari Hat Yai ke Indonesia) jadi aku pilih menginap di AirBnB. Nah, kali ini aku mau sharing ke kalian tentang pengalaman aku menginap di AirBnB untuk pertama kalinya!

Banyak pertimbanganku dalam memilih penginapan, diantaranya:

  • Kamarnya private atau dormitory
  • Kamar mandinya private atau bersama
  • Lokasinya dekat transportasi umum atau tidak
  • Kalau bawaanku banyak, ada liftnya atau tidak
  • AC atau kipas angin

Kalau backpackeran biasa yang cuma bawa 1-2 tas kecil, aku lebih suka menginap di dormitory, dan kamar mandi bersamapun oke aja. Itung-itung hemat budget kan, hehe. Tapi kalau bawaan lagi banyak, aku kurang suka menginap di dormitory karena kadang kamarnya sempit jadi nggak leluasa untuk menggelar koper dan naruh barang dimana-mana.

Di trip ke Bangkok kemarin, aku menemukan kamar Airbnb yang harga cukup ramah dikantong, dengan lokasi yang dekat dengan stasiun BTS (walking distance), dan kamarnya dapat entire apartment (private room dan private bathroom), enak banget pokoknya!

 

Kamar Airbnb

Kamar ini cocok banget untuk dua orang, kamarnya lumayan luas dengan dekorasi yang minimalis dan clean. Kasurnya ukuran king size dan super nyaman. Sudah dilengkapi dengan sofa, lemari, tv, kulkas, microwave, meja makan, tempat menjemur baju, lengkap bangeeet!

Selain fasilitasnya lengkap, kamarnya juga super bersih. Peralatan seperti piring, gelas, sendok, semua sudah disediakan juga. Di dalam kulkas pun ada beberapa minuman botol yang bisa kita beli, jadi kalau haus ngga perlu repot lagi beli minuman di seven eleven.

 

Host Airbnb

Selama menginap disini, aku belum pernah bertemu dengan host Airbnb yang aku tempati. Kita cuma berkomunikasi lewat chat Airbnb. Hostnya tidak tinggal di gedung yang sama, tapi masih di daerah dekat apartemen. Sehari sebelum kedatangan, dia kirim alamat, location, dan cara untuk masuk ke kamar Airbnbnya. Aku sih ngga keberatan dengan sistem ini, karena instruksi yang diberikan sangat jelas dan proses dari kedatangan-check in-check out juga lancar tanpa hambatan.

 

Harganya gimana?

airbnb bangkok 9

Aku seneng banget sih, karena kemarin aku baru buat akun Airbnb dan pakai refererral link dari adikku, jadi aku dapat diskon yang lumayan banget. Kamar yang aku sewa harga perharinya adalah sekitar Rp241.000 dan untuk lima malam totalnya sekitar Rp1.361.000. Tapi karena aku dapat diskon sekitar Rp535.000, jadi aku cuma bayar sekitar Rp826.000 aja. Coba dibagi dua jadi Rp413.000 per orang, yang berarti semalamnya cuma kena 80 ribuan! Murah banget kan?!

 

Overall Experience

Overall, pengalaman pertamaku sewa kamar di Airbnb memuaskan banget. Selain dapat diskon yang lumayan, aku juga puas banget sama kamar dan fasilitasnya. Sangat sesuai dengan gambar yang ada di websitenya, malah melebihi ekspektasi. Komunikasi dengan host Airbnb juga gampang karena hostnya informatif dan responsif. Untuk sistem Airbnbnya sendiri menurutku ada kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihannya, banyak pilihan penginapan yang ditawarkan, dari mulai kamar asrama sampai entire apartment/entire house. Ini memudahkan banget untuk kita memesan penginapan menyesuaikan dengan kebutuhan kita. Untuk kalian yang ingin memesan untuk banyak orang bisa pesan entire house, atau untuk kalian yang orangnya sedikit dan ingin kamar yang fasilitasnya lengkap bisa pesan entire apartment.

Kekurangannya, metode pembayaran yang belum lengkap karena untuk membayar Airbnb hanya bisa pakai kartu kredit. Kalian juga harus perhatikan detail perubahan harga saat memesan kamar. Saat melihat-lihat penginapan lain di Bangkok, aku pernah melihat tambahan harga yang muncul ketika kita sudah memilih tanggal (ada biaya tambahan  untuk cleaning fee dan additional fee). Tapi perubahan harga ini tergantung masing-masing penginapan jadi kalian bisa pilih penginapan yang tidak melakukan penambahan harga selain harga sewa kamar. Untuk kamar yang aku pesan ini tidak ada tambahan harga.

 

Buat kalian yang baru mau cobain Airbnb dan mau dapat diskon USD37 (sekitar 500 ribuan) untuk pemesanan pertama kalian, pakai link dibawah ini ya untuk membuat akun Airbnb!

Cobain Airbnb

 

Nah untuk yang sudah pernah cobain Airbnb, sharing yuk pengalaman kalian di kolom komentar. Siapatau berguna untuk yang lain 🙂

See you on the next post!

XOXO

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s