Lifestyle

Pengalaman Menjadi Member Shopee Affiliate (Plus Kode Referral Pendaftaran)

Hai semuanya!

Belakangan ini, di sosial media lagi ramai banget nih sama postingan-postingan sejenis shopee haul, atau rekomendasi barang-barang shopee, maupun review singkat mengenai belanjaannya di shopee. Setelah itu, biasanya langsung diarahkan untuk membeli barang tersebut menggunakan link tertentu yang sudah disusun rapih di bio profilenya. Postingan seperti itu sebenarnya buat apa sih? Nah kenalan dulu yuk sama program Shopee Affiliate.

Jadi, pada intinya program Shopee Affiliate (atau program Affiliate pada umumnya) itu tujuannya untuk mengajak orang lain agar turut bertransaksi di aplikasi itu sendiri, dalam hal ini di e-Commerce Shopee. Timbal baliknya apa untuk member yang berhasil mengajak orang lain bertransaksi? Biasanya akan mendapatkan komisi ya berupa uang/kredit, kalau di Shopee Affiliate sendiri komisinya berupa uang yang nantinya bisa dipakai ke Shopeepay ataupun ditarik ke rekening bank kita. Jadi, ketika seorang member Shopee Affiliate, misalnya aku, membagikan link produk khusus di media sosialku dan ada orang lain yang klik link itu lalu bertransaksi di Shopee, maka aku akan dapat komisi.

 

Gimana cara jadi Shopee Affiliate?

Pertama-tama buka dulu halaman Shopee Affiliate lalu login disitu menggunakan akun Shopee kamu. Setelah itu, bisa langsung mengisi formulir yang ada dan mengisi data sosial media kamu dan tunggu diapprove deh!

Pssst, supaya cepet diapprove, kamu bisa masukkan kode referral Shopee Affiliate ini ya pada saat mendaftar: BH48WAV atau bisa langsung klik link ini aja.

Setelah daftar, nanti tinggal tunggu aja deh. Lama atau cepetnya tergantung sih, soalnya kemarin aku lumayan lama diapprovenya, sekitar sebulan lebih. Tapi aku dengar cerita orang lain, ada yang cuma beberapa hari aja udah diapprove.

 

Setelah diapprove, langkah selanjutnya gimana?

Kalau aplikasi kamu sudah disetujui, kamu langsung bisa bikin konten dan membagikan link khususnya deeh. Nah, aku ada beberapa tips nih buat kamu yang ingin serius mencari uang melalui Shopee Affiliate.

  • Yang pertama, harus konsisten memposting konten. Kamu bisa rutinin posting konten shopee haulnya, mungkin seminggu 2x atau senyamannya sih asal konsisten untuk terus posting. Kalaupun kamu belum bisa beli barang2 untuk direview, kamu tetap bisa bikin konten misalnya kumpulan barang rekomendasi yang sudah kamu research sebelumnya.
  • Yang kedua, pelajari karakteristik masing-masing media sosial. Untuk memposting konten-konten shopee ini, kamu bisa pilih sosial media yang paling kamu suka, bisa Twitter, Instagram, Tiktok, ataupun bisa juga promosi melalui status WA atau Line. Mau coba posting di semuanya lebih bagus lagi. Tapi sebelum posting, kamu harus lihat dulu karakter masing-masing sosmed. Misalnya, kalau Tiktok lebih bagus membuat video yang menarik atau bikin orang penasaran supaya bisa fyp. Untuk di Instagram bisa bikin konten di reels ataupun di story (bisa lebih bebas cerita dengan lebih detail). Kalau untuk di Twitter, bisa bikin thread barang-barang lucu atau unik. Kamu bisa pelajari lebih dalam lagi ya strategi-strateginya.
  • Yang ketiga, rajin mengecek promo-promo terbaru di Shopee. Nah kalian juga harus rajin lihat ada promo apa nih yang lagi berlangsung di Shopee, jadi bisa lebih gencar lagi promosinya. Misalnya lagi diskon tanggal cantik, biasanya kan lebih rame tuh yang bakalan belanja di Shopee karena banyak discount, nah kalian bisa memanfaatkan momen yang ada buat promosi barang-barang Shopee yang lagi diskon atau worth it buat dibeli.

 

Pengalamanku di Shopee Affiliate

Aku sendiri udah beberapa bulan ikut di program Shopee Affiliate ini. Kalau aku jujur belum terlalu banyak sih penghasilannya dari jalur ini karena aku memang lagi jarang posting atau bikin konten karena lagi sibuk urus nikahan kemarin. Tapi yang bikin aku termotivasi adalah liat banyak postingan Tiktok yang nge-share penghasilannya yang lumayan menghasilkan melalui Shopee Affiliate ini. Jadi, kedepannya aku bakal berusaha lebih sering bikin konten dan posting hehe. Yuk kita rajin bareng-bareng!

Segini dulu ya untuk postingan kali ini. Kalau ada pertanyaan seputar Shopee Affiliate, bisa tanya di kolom komentar yaa!

2 Comments

  • Frau

    Sorry kak maaf mau tanyaa hehe. Untuk pajak itu kan detail sekali ya kak diminta datanya, apakah sudah pasti aman dan apakah ada pemungutan/dalam proses daftar itu ada disuruh bayar untuk prosesnya? makasih banyaakk kak anw review pengalaman nya. Pls answer if you see this

    • sancays

      Hello! Sorry baru bacaa.. So far aku sih ngga ada disuruh bayar atau pemotongan pajak, tapi aku nggatau kalau penghasilannya udah jutaan bakal kena pajak atau engga. Terus untuk aman atau engganya, kalau aku lumayan percaya sih krn Shopee perusahaan besar jadi harusnya aman.

Tulis Komentar Disini

%d bloggers like this: